Fantastis, Pengembang Properti di Vietnam Terlibat Kasus Korupsi Rp192 Triliun

Fantastis, Pengembang Properti di Vietnam Terlibat Kasus Korupsi Rp192 Triliun
Salah satu proyek properti milik Van Thinh Phat Holdings Group (Dok. Van Thinh Phat Holdings Group)

Jakarta, Properti Indonesia - Pengembang properti asal Vietnam, Van Thinh Phat Holdings Group terlibat kasus penggelapan dana atau korupsi terbesar di Asia Tenggara, yang mencapai US$12,4 miliar atau Rp192 triliun. Nilai tersebut sekitar 3 persen dari total pendapatan domestik bruto (PDB) Vietnam. 

Dikutip dari laman DW, Kamis (7/12), korupsi tersebut dilakukan oleh petinggi perusahaan, Truong My Lan, dari Saigon Commercial Bank (SCB), di mana dirinya merupakan pemegang saham mayoritas bank tersebut. Proses penangkapan Truong My Lan dilakukan pada 17 November 2023 lalu.

Truong My Lan mengoperasikan jaringan lebih dari 1.000 perusahaan dalam negeri dan luar negeri. Serta melakukan peminjaman uang sebesar USD43,9 miliar atau sekitar Rp668 triliun dari Saigon Commercial Bank. 

Truong My Lan memanfaatkan posisinya sebagai pemegang saham pengendali SCB untuk mengendalikan bank dan ribuan perusahaan untuk menerbitkan pinjaman palsu.

Sehingga Truong My Lan dapat mengatakan kepada pimpinan SCB untuk mengeluarkan uang sebagai pinjaman, dan cair meski dokumen belum lengkap. Lan memiliki 91,5 persen saham di SCB lebih dari 10 tahun dengan saham-saham yang terdaftar atas nama orang lain namun bisa dikendalikan olehnya.

Kementerian Keamanan Vietnam juga merekomendasikan penuntutan terhadap 85 orang lainnya termasuk 24 pejabat pemerintah dan rekanan dari perusahaan properti tersebut dan Saigon Commercial Bank.

Skandal korupsi ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dibandingkan skandal 1Malaysia Development Berhad pada tahun 2010 lalu yang melibatkan pencurian uang negara mencapai sekitar Rp68,6 triliun.

Sebagai informasi, Truong My Lan juga merupakan pendiri dari perusahaan properti Van Thinh Phat Group (VTP). Perusahaan ini memegang land bank di kawasan Ho Chi Minh City yang didirikan Truong My Lan pada tahun 1992 dengan bergerak di bidang sektor properti hotel dan restoran.

Kemudian pada tahun 2007 VTP Group memperluas bisnis investasinya ke bidang real estat melalui pendirian dua badan hukum, perusahaan gabungan investasi An Dong dan perusahaan saham gabungan Grup Investasi Van Thinh Phat.

Adapun proyek properti yang dimiliki VTP di Kota Ho Chi Minh diantaranya gedung perkantoran VTP, Union Square, Times Square, hotel Duxton, hotel komersial East, kawasan perumahan Bonville Land, Kawasan hunian mewah Sterling Residence, kompleks apartemen Lambert Residence, dan gedung apartemen Sherwood Residence.

Truong My Lan juga pernah membeli menara Thuan Kieu Plaza yang memiliki luas 10.000 m2 di kawasan komersial Distrik 5, Kota Ho Chi Minh.

Tags
#Pengembang #Developer #Berita Properti #properti