Bekasi, Properti Indonesia – Kota Bekasi semakin bersinar sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Setelah dinyatakan sebagai kota terkaya di provinsi tersebut oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2024, Bekasi terus menunjukkan tren positif dengan ekosistem usaha yang berkembang pesat dan investasi yang meningkat.
Kota ini mencatat pertumbuhan ekonomi yang mengesankan, didukung dengan kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) sebesar 6,5%, menjadikannya sebagai pemilik UMK tertinggi di Indonesia.
Kepadatan penduduk dan aksesibilitas yang baik menjadi faktor utama dalam perputaran ekonomi di Bekasi. Salah satu kawasan yang dikenal sebagai magnet ekonomi baru adalah Summarecon Bekasi. Menginjak usia 15 tahun sejak dibuka pada 10 Maret 2010, Summarecon Bekasi telah bertransformasi menjadi township terpadu yang menawarkan hunian dan fasilitas komersial modern.
Saat ini, pengembangan kawasan telah mencapai 70% dari total lahan seluas 270 hektar.Summarecon Bekasi tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 3.000 Kepala Keluarga, tetapi juga pusat perbelanjaan, hiburan, dan kuliner. Dengan potensi pasar yang mencapai 60.000 Kepala Keluarga, kawasan ini menarik perhatian berbagai pelaku usaha. Salah satu inovasi terbaru adalah La Spezia, kawasan kuliner yang terletak di Bekasi Central Business District (BCBD), yang kini menjadi destinasi hangout populer bagi masyarakat.
Deretan tenant ternama seperti BYD, Maison Tatsuya Teppanyaki, dan Greyhound Cafe telah beroperasi di sana, menarik banyak pengunjung.Kesuksesan Summarecon Bekasi mendorong pelaku usaha untuk berinvestasi di kawasan ini. Saat ini, lebih dari 500 unit usaha telah berdiri di Summarecon Bekasi.
Wilson Rahardjo, Pimpinan Restaurant Aroem Bekasi, menjelaskan bahwa lokasi strategis dan konsep yang menarik menjadi kunci kesuksesan usahanya di kawasan ini.Wilson Rahardjo selaku Pimpinan dari Restaurant Aroem Bekasi menuturkan, pihaknya telah membuka Restoran Aroem di kawasan Summarecon Bekasi sejak 2024, yang merupakan cabang ke tiga di Indonesia. Wilson mengatakan, dalam waktu singkat, Aroem Summarecon Bekasi mampu diterima dengan baik oleh warga Bekasi dan sekitarnya.
“Berada di area BCBD tepat di tepi danau Summarecon Bekasi, membawa vibes yang berbeda,” sebutnya.Selain itu, ada juga K3MART-- lifestyle mart yang menawarkan produk lokal dan internasional, yang hadir di kawasan ini. Richard Stanley, President Director K3MART, menegaskan bahwa lokasi yang cantik dan strategis menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.
“Dari antusiasme yang tinggi masyarakat Bekasi, kami hadirkan K3MART di Kota Bekasi ini dengan memilih lokasi yang sangat strategis yaitu di Kawasan Summarecon Bekasi dengan pemandangan sangat cantik tepat di pinggir danau. Sampai saat ini K3MART menjadi tempat jajan, nongkrong dan belanja pilihan warga bekasi,” tutur Richard.
Pertumbuhan ekonomi di Summarecon Bekasi juga mencakup segmen UMKM hingga brand internasional. Summarecon Mal Bekasi yang sedang mengembangkan tahap kedua, akan menjadi mal terbesar di Bekasi dengan kapasitas pengunjung mencapai 5 juta per bulan.
Tingginya permintaan ruang usaha baru di kawasan ini memicu peluncuran komersial terbaru, Crystal Boulevard Signature Commercial, yang akan dirilis pada 8 Februari 2025 mendatang. Dengan harga mulai dari Rp3,7 miliar, proyek ini menawarkan 34 unit yang siap dipasarkan.
Dengan semua inovasi dan perkembangan yang ada, Summarecon Bekasi terus berkomitmen untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang tidak hanya menguntungkan pelaku usaha, tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Bekasi.