Ramai-Ramai Jual Hotel Berbintang

Ramai-Ramai Jual Hotel Berbintang
Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center (traveloka)

Jakarta, Properti Indonesia -  Industri perhotelan di DKI Jakarta telah kembali membaik pasca pandemi. Hal ini seiring dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir Desember 2022 lalu. Dengan demikian banyak kegiatan bisnis yang kembali dilakukan di hotel, antara lain meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).  Alhasil kegiatan tersebut kembali memicu banyak permintaan ruang hotel.  

Meskipun di atas kertas catatan kinerja membaik, nyatanya di lapangan justru banyak hotel berbintang di kawasan ibu kota yang tengah dijual melalui situs situs jual-beli properti online.

Ketua Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran di Indonesia (PHRI), DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono, menyebutkan bahwa fenomena penjualan hotel terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah kerugian. Beberapa hotel berbintang yang dijual tersebut mulai dari hotel bintang 5, 4, dan 3 ke bawah.

“Hotel itu tetap kesulitan, masih banyak yang rugi walaupun tadi kita mendapat penjelasan pajak hotel itu naik,” ungkap Sutrisno dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/1).

Berikut adalah beberapa hotel yang sedang dijual pemiliknya berdasarkan pencarian di sejumlah situs jual-beli properti online.

Hotel di Mangga Besar

Berdasarkan pencarian di situs lamudi.co.id, terdapat hotel di Mangga Besar, Jakarta Barat yang dijual full asset seharga Rp60 miliar. Hotel tersebut memiliki luas tanah (LT) 853 m2 dan luas bangunan (LB) 4.879,45 m2, bangunan 9 lantai yang mencakup 106 kamar tidur.

Hotel ini memiliki SHGB sampai dengan tahun 2035, dengan meiliki berbagai tipe kamar antar alain standard 10 kamar, family standard 2 kamar, grand deluxe 83 kamar, executive 10 kamar, dan suite 1 kamar. Sementara fasilitas yang tersedia mulai dari fasilitas restoran, terdiri dari 14 meja, 45 kursi, jaringan wifi, dan ruang merokok. Sementara fasilitas ruang wedding dengan kapasitas maksimal 350 pax, fasilitas meeting kapasitas maksimal 100 pax, fasilitas parkir area basement (9 mobil, 25 motor), fasilitas lift (passenger 2 unit, employees 1 unit).

Hotel The Aston Priority, Cilandak

The Aston Priority Hotel and Conference Center, hotel bintang 4 yang dijual seharga Rp1 triliun. Hotel ini berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan dengan LT 5.234 m2 dan LB 25.617 m2, terdiri dari 24 lantai yang mencakup 296 kamar, dan memiliki SHGB.

Fasilitas hotel ini antara lain memiliki 5 lift, kapasitas parkir untuk 101 mobil dan 90 motor, 12 ruangan meeting, ballroom, bar lounge, coffee shop, restoran, speciality restaurant, all day dining restaurant, fitness center, spa, business center, dan laundry dry cleaning. Sementara tipe kamar hotel diantaranya superior room (24 m2) 98 kamar, deluxe room (32 m2) 140 kamar, premiere room (44 m2) 22 kamar, premiere deluxe (50 m2) 14 kamar, executive suite (76 m2) 5 kamar, dan governor suite (85 m2) 3 kamar.

Hotel Crowne Plaza Jakarta

Hotel Crowne Plaza Jakarta merupakan hotel bintang 5 yang berlokasi di Gatot Subroto, Jakarta. Hotel ini dibangun pada tahun 1995 dengan LT 7.665 m2 dan LB 5.036 m2. Di situs olx, Hotel Crowne Plaza Jakarta dijual seharga Rp475 miliar. Terdiri dari 18 lantai dan 2 basement, dengan total 357 kamar. Fasilitas sudah termasuk AC, carport, fire extenguisher, garasi, taman, gordyn, microwave, oven, PAM, refrigerator, stove, dan sertifikasi sertifikat hak milik (SHM).

Hotel Bimo Jakarta Barat

Hotel Bimo yang berlokasi di kawasan Bambu, Jakarta Barat dijual seharga Rp30 miliar. Hotel ini memiliki LT 574 m2 dan LB 2000 m2 dengan 3 lantai yang terdiri dari 45 kamar. Tersedia fasilitas mess karyawan, mini bar, mini resto, ATM gallery, dan parkiran.

Sriwijaya Hotel

Sriwijaya hotel merupakan hotel bintang 3 yang berlokasi di Jalan Veteran No.1, Jakarta Pusat yang dijual seharga Rp450 miliar. Hotel ini dibangun di LT 500 m2 dan LB 3000 m2, terdiri dari 2 lantai dengan 157 kamar. Fasilitas hotel terdiri dari televisi, telepon, garasi, balkon, dan cocok untuk meeting perusahaan hingga pesta pernikahan.

Tags
#Hotel #Berita Properti #properti #Jakarta