Harta Bos Evergrande Menyusut Hingga 93 Persen

Harta Bos Evergrande Menyusut Hingga 93 Persen
Hui Ka Yan, pendiri perusahaan properti China Evergrande (Anthony Kwan/Bloomberg)

Jakarta, Properti Indonesia – Kekayaan bersih pendiri perusahaan properti China Evergrande, Hui Ka Yan, mengalami penurunan hampir 93 persen, menurut Bloomberg Billionaires Index. Sebelumnya, Hui Ka Yan pernah menjadi orang terkaya kedua di Asia dengan kekayaan USD42 miliar atau Rp648,7 triliun. Namun, hartanya anjlok menjadi USD3 miliar atau Rp45,2 triliun. 

Evergrande merupakan pengembang properti dengan utang terbanyak di China yang mencapai USD300 miliar atau sekitar Rp4.281 triliun, dan telah menjadi pusat masalah real estat di China sejak tahun 2021. Hui Ka Yan telah menggunakan kekayaan pribadi untuk menopang perusahaan, diantaranya dengan menjual rumah dan jet pribadi, meskipun hal tersebut belum cukup.

Evergrande mengalami gagal bayar obligasi dolar AS pada Desember 2021, setelah berbulan-bulan mengumpulkan dana untuk membayar kreditur, pemasok, dan investor. Akhir tahun 2022 perusahaan juga gagal menyampaikan rencana awal restrukturisasi utang. Krisis likuiditas yang dihadapinya membuat kesulitan besar dalam membayar kembali utang-utang perusahaan. Bahkan, kekhawatiran bangkrutnya Evergrande akan menyeret seluruh sektor properti, ini membuat investor seluruh dunia gelisah.

Mengutip dari laman Forbes, Rabu (25/1), Hui Ka Yan berjanji akan membayar utang-utangnya pada tahun 2023 ini. Hal tersebut tertulis dalam surat internal tertanggal 1 Januari 2023 yang diberitakan oleh media lokal China, termasuk Securities Times.

Sebagai informasi, saham Evergrande masih ditangguhkan dari perdagangan. Arus kas perusahaan dibatasi oleh kontrak penjualnya yang turun 90 persen menjadi 29 miliar yuan sepanjang 11 bulan pada 2022. Berdasarkan prediksi Moody’s November 2022, Evergrande akan menghadapi pasar properti yang diperkirakan mengalami kontrasi sebesar 15 persen pada akhir 2023.

Tags
#Pengembang #Developer #Berita Properti #properti #Evergrande #China