Empat Pusat Perbelanjaan Baru akan Hadir di Surabaya Hingga 2025

Empat Pusat Perbelanjaan Baru akan Hadir di Surabaya Hingga 2025
The Trans Icon Surabaya (trans-icon.com)

Jakarta, Properti Indonesia – Pasokan pusat perbelanjaan atau mal di Surabaya sepanjang tahun 2022 tidak mengalami perubahan besar. Hanya ada satu mal baru yang beroperasi yaitu Trans Icon Mall Surabaya pada 5 Agustus 2022. 

Trans Icon Mall Surabaya dikembangkan di dalam kawasan superblok The Trans Icon oleh PT Trans Property, anak usaha CT Corp. Selain mal, The Trans Icon juga memiliki apartemen (The Trans Icon Surabaya), hotel (The Trans Luxury Hotel), perkantoran, dan kompleks wisata.

Berdasarkan laporan Colliers Indonesia, total pasokan mal di Surabaya saat ini mencapai 1,21 juta meter persegi. Juga terdapat empat pusat perbelanjaan lainnya yang diperkirakan selesai hingga tahun 2025. Dengan rincian, di tahun 2023 terdapat Samanea (Capital Square)  yang dikembangkan oleh Greenwood Sejahtera seluas 8.500 m2. Kemudian Pakuwon City Mall (East Coast Centre 3) yang dikembangkan Pakuwon seluas 36.920 m2.

Kemudian di tahun 2024 terdapat satu proyek mal yang diperkirakan selesai yaitu Lagoon Avenue Dharmahusada yang dikembangkan oleh PP Properti dengan luas 12.545 m2, sementara di tahun 2025 yaitu Citraland CBD Mall yang dikembangkan oleh Ciputra Surya Tbk denganluas 36.000 m2.

Selanjutnya, tingkat kunjungan ke mal di Surabaya juga terus membaik dan mendekati kondisi normal. Namun, masuknya pasok baru menyebabkan tingkat hunian jatuh di bawah 70 persen.

Kota Surabaya masih menjadi pilihan lokasi ekspansi bagi para retailer, terutama setelah mereka membuka gerai di kota besar lainnya seperti di Jakarta. Sementara itu, bisnis F&B lokal asal Surabaya juga mulai membantu penyerapan ruang-ruang ritel.  

Tags
#Pusat Belanja #Berita Properti #properti #Surabaya