Sandiaga Uno: Okupansi Hotel pada Kawasan Wisata Unggulan Mencapai 100 Persen

Sandiaga Uno: Okupansi Hotel pada Kawasan Wisata Unggulan Mencapai 100 Persen
Regata Hotel Bandung (Pegipegi)

Jakarta, Properti Indonesia – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa tingkat okupansi hotel saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 di beberapa destinasi wisata mencapai 100 persen. 

 “Destinasi wisata unggulan seperti Bandung, Yogyakarta, Solo dan Bali, hotel-hotel favorit di destinasi wisata full 100 persen di periode libur ini,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, di kanal YouTube Kemenparekraf, Senin (2/1) lalu.

Lanjutnya, tingkat okupansi kamar hotel mencapai 80 persen hingga 90 persen ketika masa libur Natal dan Tahun Baru. Meskipun okupansi hotel di destinasi wisata di pesisir utara dan selatan Pulau Jawa mengalami penurunan karena masyarakat yang khawatir terhadap cuaca ekstrem.

“Ini sayangnya karena cuaca ekstrem yang di akhir tahun, ada penurunan sedikit di wilayah pesisir utara Pulau Jawa, karena kekhawatiran terhadap cuaca ekstrem,” katanya.

Sandiaga juga mengatakan keputusan pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta meningkatkan minat dan kepercayaan wisatawan.

Selain itu, terdapat lima daerah yang menjadi tujuan masyarakat untuk libur akhir tahun, antara lain Jawa Tengah (8,7 juta orang), Jawa Timur (7,7 juta orang), Jawa Barat (6,5 juta orang), Jabodetabek (4,7 juta orang), dan Yogyakarta (3,6 juta orang).

Tags
#Hotel #Berita Properti #properti #pariwisata