Proyek LRT Rute Velodrome – Manggarai Bakal Rampung Akhir 2024

Proyek LRT Rute Velodrome – Manggarai Bakal Rampung Akhir 2024
LRT Jabodetabek (Dok. PT KAI)

Jakarta, Properti Indonesia – Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai akan selesai pada akhir tahun 2024 mendatang. Pembangunan proyek LRT ini sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan di Jakarta.

“Proyek pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai ditargetkan selesai pada penghujung 2024,” ujar VP Corporate Secretary Jakpro, Syachrial Syarif, dalam keterangannya, Jumat (10/2).

LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti KAI Commuter Line dan MRT Jakarta. Hal ini sejalan dengan proses penyiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral yang menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik.

“Proyek rute Fase 1B ini akan mencapai jarak 6,4 kilometer (km) dengan lima stasiun, yang ditargetkan dapat membawa sekitar 180.162 penumpang, atau minimal 80.000 – 100.000 penumpang per hari dengan target konstruks awal dimulai pada paruh pertama 2023,” imbuh Syachrial.

Pembangunan ini tergolong transportasi hijau atau rendah karbon dan ramah lingkungan. Fitur operasional telah ditingkatkan agar seluruh kalangan masyarakat dapat menggunakan dengan nyaman. Diantaranya tersedia ramp sepeda di tangga akses, gate pembayaran yang lebar dan koridor kereta yang dapat mengakomodir sepeda lipat maupun sepeda non-lipat. Nantinya juga akan disediakan tempat usaha untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Hal ini tidak lepas dari komitmen perusahaan yang bertujuan mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan di lingkungan masyarakat perkotaan, serta komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk mencapai nol emisi pada 2050,” jelasnya.

Tags
#Berita Properti #properti #Transportasi