PUPR Rampungkan Revitalisasi Tujuh Pasar Rakyat di Tahun 2020

PUPR Rampungkan Revitalisasi Tujuh Pasar Rakyat di Tahun 2020
Pasar Prawirotaman di Daerah Istimewa Yogyakarta (pu.go.id)

Jakarta, Properti Indonesia – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah menyelesaikan revitalisasi tujuh pasar rakyat pada 2020 dalam mendukung perekonomian rakyat. Kegiatan revitalisasi ini berdasarkan penugasan Presiden Republik Indonesia yang disampaikan pada Sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juli 2018 lalu.

“Konsep revitalisasi pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan yang mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Seluruh kegiatan mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan melibatkan Pemerintah Daerah,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Selasa (12/1).

Menteri Basuki juga mengatakan revitalisasi ini untuk para pedagang agar pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan cepat. Adapun ketujuh pasar yang direvitalisasi diantaranya Pasar Ateh Bukittinggi di Sumatera Barat, Pasar Prawirotaman di Yogyakarta, Pasar Kaliwungu Kendal, Pasar Klewer Timur di Jawa Tengah, Pasar Benteng Pancasila di Mojokerto, Pasar PON Kabupaten Trenggalek, dan Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.

Pasar Benteng Pancasila di Mojokerto dikerjakan pada 28 Januari 2020 lalu dengan luas lahan 3.400 m2 yang mencakup 248 unit kios dengan biaya Rp13,2 miliar. Pasar Pon di Jawa Timur sebesar Rp76,3 miliar yang dikerjakan sejak 10 Januari hingga akhir November 2020. Kemudian Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali direvitalisasi dengan anggaran sebesar Rp81,1 miliar dari APBN 2019-2020.

Pada tahun ini Kementerian PUPR akan merampungkan revitalisasi tiga pasar rakyat yakni Pasar Renteng di Lombok Tengah, Pasar Pariaman di Sumatera Barat, dan Pasar Legi di Ponogoro.

Tags
#Berita Properti #pasar #Kementerian PUPR